7 Tips Membuat Taman Rumah Dengan Lahan Sempit

7 Tips Membuat Taman Rumah Dengan Lahan Sempit - Memiliki lahan yang sempit dan terbatas tidaklah menjadi halangan untuk membuat taman. Anda tetap dapat memiliki taman yang indah dan apik asal mengetahui trik dan tips membuat dan menata tanamannya. Berikut ini cara membuat taman yang mungil didalam dan luar ruangan.


Cara Membuat Taman Pada Lahan Yang Sempit

Pertama, sebelum memutuskan membeli perlengkapan taman dan bibit tanaman, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan yaitu perhatikan area yang akan dijadikan taman. Perhatian tersebut meliputi ukuran lahan, bentuk dan karakternya. Bila perlu ukur lahan tersebut agar dapat menata tanaman dengan posisi yang tepat.

Kedua, membuat sketsa sederhana agar memudahkan penataan tanaman. Pada saat pembuatan rancangan ini yang harus diperhatikan adalah iklim dan jumlah sinar matahari yang nantinya mengenai tanaman. Pastikan ada area yang teduh untuk tanaman yang tidak banyak membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung.

Ketiga, usahakan menanam tamanam ditanah secara langsung. Tanah yang akan dijadikan sebagai media menanam haruslah subur dan gembur. Jika tanah kurang gembur maka sebaiknya digemburkan terlebih dahulu. Jika menanam tamanan tidak dapat dilakukan secara langsung ditanah, maka dapat menggunakan port yang diisi dengan tanah sebagai media tanam.

Keempat, memanfaakan ruangan yang dimiliki dengan menata tanaman secara vertical. Letakkan port-port yang berisi tanaman pada rak dari bahan besi atau dari kayu. Pastikan ada jarak antar rak agar anda dapat bergerak diantara tanaman-tamanan anda.

Kelima, anda dapat memanfaatkan area dekat pintu masuk, teras maupun dekat jendela untuk menaruh tanaman. Dengan memanfaatkan area kosong sebagai tempat tanaman akan mempercantik dan menyegarkan tampilan rumah.

Keenam, ketika menata tanaman, gunakan perspektif. Yaitu dengan meletakkan tanaman yang memiliki ukuran lebih besar dan lebih terang pada area terdekat dengan pandangan pemilik rumah. Demikian juga meletakkan tanaman yang mempunyai ukuran yang kecil dan berwarna lembut lebih jauh dari pandangan anda. Cara ini memberikan ilusi bahwa anda memiliki taman yang berukuran lebih luas.

Terakhir, buat titik point pada setiap area dengan memanfaatkan tanaman yang berwarna lebih mencolok, bentuknya unik atau air mancur. Selamat mencoba.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Interior